Home » Kisah Inspirasi » Detil

Selasa, 01 Agustus 2017

Sigit: Saya Ingin Menjadi Motivator

Theopilus Sigit Yulianto yang akrab disapa Sigit adalah salah satu atlet SOIna cabang olahraga Basket yang berprestasi di ajang nasional maupun internasional. Pemuda kelahiran 01 Juli 1995, saat ini sedang menempuh pendidikan di IPB jurusan Perikanan.

Kecintaannya pada olahraga basket berawal dari pertemuannya dengan Ferry Andriana yang merupakan salah satu pelatih basket SOIna di tahun 2008. Dimana pada saat itu Sigit merupakan siswa di SLB C Budi Daya Cijantung dan Ferry sedang melakukan kunjungan ke sekolahnya untuk mencari bibit-bibit baru atlet basket. Melihat adanya potensi besar dalam diri Sigit, sehingga pelatihnya menyarankan untuk mengajaknya latihan rutin di Rawamangun setiap Sabtu pagi.

Berkat latihan dan potensi yang semakin terlihat, Sigit mampu membuktikan dengan banyaknya penghargaan yang ia raih seperti medali perak saat kompetisi percobaan Kejurnas tahun 2008, medali emas pada Porda 2009, medali perunggu pada Pornas 2010, dan pada 2011 terpilih mewakili Indonesia sebagai delegasi untuk cabang olahraga basket di Athena, Yunani.

Sigit mengaku, selama menjadi atlet banyak mendapat pengalaman berharga salah satunya saat bertanding melawan Spanyol di Special Olympics World Summer Games (SOWSG) tahun 2011. Ia mengatakan bahwa saat itu Indonesia dalam posisi tertinggal. ia berhasil mencetak angka dari garis tengah lapangan guna membalikan keadaan sehingga Indonesia menjadi unggul dan memenangkan pertandingkan sehingga Indonesia lolos ke babak final.

Selama 9 tahun menjadi atlet, banyak sekali pelajaran yang ia dapat. “Selama saya jadi atlet SOIna, banyak banget pelajaran yang saya dapat. Selain bertanding dengan tim lawan, saya jadi bisa mencontoh trik dan kemampuan mereka. Bisa ngambil ilmu mereka,” ujarnya.

Dipenghujung obrolan, Sigit berkeinginan bisa menjadi motivator bagi teman-temannya. Ia ingin menginspirasi orang-orang di sekitar bahwa anak penyandang disabilitas intelektual dapat berprestasi sama seperti anak-anak lainnya.

 

Lainnya:

Jumat, 20 September 2019
Perenang Yang Sayang Amak
Kamis, 22 November 2018
Mengukir Prestasi Melalui Futsal
Jumat, 14 September 2018
Reach For The Best

Our Partner:

Special Olympics Indonesia

Gedung DNIKS , 3rd floor - Jl. Tanah Abang Timur, No. 15 - Jakarta Pusat 10110
Telp: +62 (21) 3800501 - Fax: +62 (21) 3846556

Webmail Facebook Twitter Hubungi Kami Kebijakan Privasi Syarat Penggunaan

© 2019 Special Olympics Indonesia