Home » Berita Pusat » Detil

Senin, 14 Agustus 2017

SOIna Event: Family Training

Special Olympics Indonesia (SOIna) dan Special Olympics Asia Pasific bekerjasama dalam menyelenggarakan kegiatan Family Training pada 12-13 Agustus 2017 bertempat di Kantor Pusat SOIna yang terletak di Gd DNIKS, Tanah Abanag. Kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari tersebut diisi oleh banyak pembicara seperti Mr Simon Koh (Director Operational SO Asia Pasific), Bapak Iskandar Z Adisaputra (Sekretaris Jenderal SOIna), Ibu Maria Yustina (Koor Jaringan Keluarga), Bapak Wijono Pontjowinoto (Wakil I Bidang Organisasi), Ibu Triningsih (Koor Bidang Young Athletes & MATP), dan Ryan Tri Prahara (Sport Manager SOIna). Turut pula mengundang para orang tua, guru, dan pelatih dari beberapa Pengurus Daerah (Pengda).

Saat ini, Special Olympics Indonesia memberdayakan anak-anak disabilitas intelektual melalui Sekolah Luar Biasa di seluruh Indonesia, dan saat ini total atlet SOIna yang tercatat sejumlah 130rb orang, padahal menurut Mr. Simon Koh, jumlah penyandang disabilitas intelektual di seluruh dunia sejumlah 240jt. Dan diperkirakan jumlah penyandang disabilitas intelektual di Indonesia mencapai 5,5jt orang. Angka masih terlampau jauh dengan jumlah atlet yang telah tercatat oleh SOIna. Hal ini dikarenakan SOIna baru dapat memberdayakan penyandang disabilitas intelektual dari SLB-SLB di seluruh Indonesia sehingga belum terjangkaunya anak-anak disabilitas intelektual yang tidak mengikuti pendidikan di sekolah.

Oleh karena itu perlu adanya keterlibatan keluarga dalam hal ini. Karena selain menjadi pendamping untuk para atlet, keluarga juga dapat berperan sebagai pelatih, relawan, bahkan keluarga pun juga dapat berperan sebagai sponsor. Untuk membuat para orang tua dan keluarga paham mengenai peran mereka dalam mendampingi anak-anak disabilitas intelektual diselenggarakanlah kegiatan ini dengan tujuan agar para keluarga memahami peran mereka dan menjadi bagian serta terlibat dalam kegiatan-kegiatan SOIna.

Selain mengajak orang tua untuk terlibat dalam kegiatan-kegiatan SOIna, dalam kegiatan ini pula SOIna juga memberikan informasi tentang bagaimana mengajak anak-anak disabilitas intelektual untuk berolahraga dan bergerak sejak dini dengan menggunakan alat-alat sederhana. Materi ini dibawakan dengan baik oleh Ibu Triningsih dengan didukung praktek langsung dengan anak-anak disabilitas intelektual berusia di bawah 8 tahun (biasa disebut Young Athletes) yang hadir pada kegiatan itu.

Selanjutnya, para peserta juga diperkenalkan tentang gerakan-gerakan fitness sederhana yang bisa dipraktekan anak-anak disabilitas intelektual di rumah. Materi ini juga dibawakan oleh Ryan Tri Prahara dengan mengajak para peserta mempraktekannya langsung pada sesi materi tersebut.

Melalui kegiatan ini, Special Olympics Indonesia berharap para keluarga dapat mengarahkan anak-anaknya melalui berbagai kegiatan hingga mampu mandiri bahkan berprestasi serta berperan aktif dan terlibat dalam kegiatan-kegiatan SOIna.

Lainnya:

Our Partner:

Special Olympics Indonesia

Gedung DNIKS , 3rd floor - Jl. Tanah Abang Timur, No. 15 - Jakarta Pusat 10110
Telp: +62 (21) 3800501 - Fax: +62 (21) 3846556

Webmail Facebook Twitter Hubungi Kami Kebijakan Privasi Syarat Penggunaan

© 2019 Special Olympics Indonesia