Home » Berita Pusat » Detil

Senin, 27 Maret 2017

Raih Juara Tiga, SOIna Bawa Pulang Medali Perunggu Dalam Kompetisi SOWWG 2017

Raut bahagia terlihat tatkala kontingen Indonesia kembali tiba di Indonesia. Setibanya di tanah air pada 27 Maret 2017 di Terminal 2 Kedatangan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Sambutan yang digelar secara sederhana ini tidak mengurangi nuansa kemeriahan dan kegembiraan.

Delapan orang atlet yang terdiri dari 5 atlet disabilitas intelektual dan 3 atlet non-disabilitas intelektual berhasil meraih prestasi gemilang pada kompetisi tingkat dunia musim dingin, Special Olympics World Winter Games 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 14-25 Maret 2017 di Graz, Austria. Prestasi yang diraih yaitu 1 medali perunggu dalam cabang olahraga floorball.

Kontingen SOIna pada kompetisi ini merupakan perwakilan dari Pengda SOIna Jawa Tengah dengan pemimpin kontingen yaitu Ibu Mieke. Selain itu para atlet juga didampingi oleh 2 orang pelatih yaitu Saifullah Arif dan Miftahul Faizin sehingga total kontingen berjumlah 12 orang.

Keikutsertaan SOIna pada SOWWG merupakan kali ketiga setelah sebelumnya ikutserta pada tahun 2009 di Idaho, USA dan 2013 di Pyeongchang, Korea Selatan. Selama keikutsertaannya, SOIna selalu berhasil mengukir prestasi yang sangat membanggakan.

SOWWG ini dilaksanakan mulai tanggal 14-25 Maret 2017 di Graz, Austria. Sebelumnya, para atlet juga mengikuti program sentralisasi pada Pemusatan Latihan  selama 3 bulan yang dilaksanakan dari Desember 2016-Maret 2017 di GOR UNNES dan SLB Semarang dengan jadwal latihan Kamis-Sabtu. Tim floorball juga sempat melakukan laga ujicoba dengan tim floorball UNNES guna mempersiapkan fisik, mental, dan kekompakan tim.

Setibanya kontingen di Austria pada 15 Maret 2017, mereka langsung mengikuti Program Host Town di kota kecil bernama St. Stefan di Provinsi Streria. SOWWG kali ini merupakan kali kedua Austria menjadi tuan rumah perhelatan akbar empat tahunan setelah sebelumnya tahun 1993 juga telah digelar kompetisi serupa di Negara ini.

Walaupun proses persiapan untuk kompetisi terbilang singkat, namun tim floorball berhasil membuktikan dengan memperoleh hasil divisioning yang memuaskan dengan menempati divisi satu dengan negara India Male, Mexico, Nigeria, dan Namibia. Berikut hasil pertandingan Indonesia dalam divisi 1:

PERTANDINGAN

LAWAN

SKOR

KETERANGAN

1

MEXICO

1-1

Seri

2

NIGERIA

0-2

Kalah

3

INDIA MALE

0-4

Kalah

4

NAMIBIA

2-0

Menang

Dengan hasil babak penyisihan Indonesia berada di peringkat 3 dan berhak lolos semifinal menghadapi Nigeria, berikut hasil pertandingan semifinal:

PERTANDINGAN

LAWAN

SKOR

KETERANGAN

Semifinal

NIGERIA

0-2

Kalah

Dengan hasil kekalahan Indonesia di semifinal, tetapi Indonesia berhasil mengalahkan Namibia pada perebutan perunggu, hasil yang membanggakan, berikut hasil pertandingan perebutan perunggu:

PERTANDINGAN

LAWAN

SKOR

KETERANGAN

Perunggu

NAMIBIA

1-0

Menang

Dengan hasil kemenangan atas Namibia, Indonesia berhak memperoleh Medali perunggu cabang Floorball pada SOWWG XI 2017 di Austria.

Berdasarkan perolehan medali yang didapat tim SOIna di SOWWG ini, Sesmenpora, Gatot S. Dewabroto didampingi Asdep Olahraga Prestasi, Chandra Bhakti dan Asdep Pengembangan Olahraga Tradisional dan Layanan Khusus, dr. Bayu Rahadian serta jajaran Pengurus Pusat SOIna yang turut hadir dalam menyambut kedatangan tim di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Minggu (27/3) dini hari menyampaikan rasa bangga dan terharu di tengah-tengah presentasi olahraga nasional yang kurang baik, pencapaian prestasi SOIna pada SOWWG XI 2017 di Austria, dengan meraih 1 Perunggu, dan semoga memberikan inspirasi bagi prestasi olahraga nasional.

Dalam kesempatan ini, Sesmenpora  mengucapkan selamat kepada seluruh anggota tim atas keberhasilan kontingen Indonesia, sekaligus apresiasi kepada kontingen SOIna. "Semoga  apa yang diraih ini akan menjadi motivasi  bagi atlet SOIna untuk terus ditingkatkan lagi. Dengan peraihan medali perunggu ini merupakan suatu  kebanggaan bagi rakyat Indonesia. Karena kehadiranya di ajang ini hanyalah bentuk partisipasi tapi ternyata di luar dugaan mendapatkan medali perunggu ini sangat membanggakan,” ucapnya.

Lainnya:

Senin, 14 Agustus 2017
SOIna Event: Family Training

Our Partner:

Special Olympics Indonesia

Gedung DNIKS , 3rd floor - Jl. Tanah Abang Timur, No. 15 - Jakarta Pusat 10110
Telp: +62 (21) 3800501 - Fax: +62 (21) 3846556

Webmail Facebook Twitter Hubungi Kami Kebijakan Privasi Syarat Penggunaan

© 2019 Special Olympics Indonesia