Home » Berita Pusat » Detil

Selasa, 26 Maret 2019

Tiba di Tanah Air, Kontingen Special Olympics Indonesia Boyong Banyak Medali

Jumat, 22 Maret 2019 – Kontingen Special Olympics Indonesia (SOIna) tiba di Tanah Air pada Jumat, 22 Maret 2019 pukul 22.30 WIB setelah membuktikan keberanian mereka dalam menunjukan kemampuan berolahraga pada olimpiade khusus disabilitas intelektual, Special Olympics World Games 2019 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Selama 7 hari pertandingan mereka telah bekerja keras untuk mengharumkan nama Indonesia dengan membawa pulang 11 medali emas, 6 medali perak, 4 medali perunggu,

“Kami sangat bangga dan bersyukur atas pencapaian medali atlet SOIna di Abu Dhabi. Tentunya pencapaian ini melalui proses yang panjang dan tidak secara instan. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pada kompetisi Special Olympics World Games 2019 sehingga berhasil meraih 11 medali emas, 6 medali perak, dan 4 medali perunggu,” ujar Ketua Umum Special Olympics Indonesia Prof. DR. Faisal Abdullah, SH, M.Si., DFM.

Prof Faisal menambahkan, dengan perolehan medali yang telah diraih tersebut dapat memotivasi para atlet lainnya bahwa dengan keterbatasan yang dimiliki bukan menjadi hambatan untuk meraih prestasi.

“Kami berharap bahwa prestasi yang diperoleh kontingen Indonesia saat ini dapat memotivasi atlet lainnya bahwa dengan keterbatasan yang dimiliki bukan menjadi hambatan dalam meraih prestasi dan saya berharap kedepannya para atlet dapat berjaya lagi di kancah internasional dan memperkenalkan bahwa Indonesia bisa dan kita harus buktikan bahwa Indonesia jaya dan bermartabat,”  pungkasnya.

Pada ajang kali ini, emas pertama disumbangkan oleh Kadek Firma Kharisma Yanti dari nomor lomba lari 100m. Cabang olahraga atletik yang paling banyak memberikan medali emas yaitu 3 medali emas dari nomor lari 100m dan 1 medali emas dari nomor lompat jauh, kemudian emas lainnya diperoleh dari cabor renang sebanyak 2 medali emas, 3 medali emas dari cabor bulutangkis, 1 emas dari tenis meja, dan 1 emas dari futsal putri.

6 medali perak diperoleh yaitu 4 medali perak dari cabor atletik, 1 dari cabor bocce, dan 1 medali perak dari cabor bola basket.  Total 4 perolehan medali perunggu yang didapat dari cabor renang nomor 50m gaya bebas sebanyak 1 medali, 1 medali perunggu dari cabor bocce di nomor tunggal putra, 1 medali perunggu dari cabor sepakbola ketujuhan putri, dan 1 medali perunggu dari cabor unified futsal putra.

Kepulangan kontingen SOIna kali ini rencananya akan disambut oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Bapak Imam Nahrawi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Kontingen Special Olympics Indonesia mengirimkan 68 atlet, yang terdiri dari 54 atlet special Olympics dan 14 unified partner, ke Special Olympics World Summer Games di Abu Dhabi, pada 14-21 Maret 2019. Gelaran tahun ini diikuti oleh 190 negara, 7.500 atlet, 3.000 atlet, dan sekitar 20.000 relawan.

Kontingen Special Olympics Indonesia, SOIna, mendapat dukungan dari Kemenpora, Etihad Airways, BNI, Disorda DKI, Bank Mandiri, Prodia, Jasindo, RSCM, Family Dentistry, Hearlife Hearing Care Center, dan FIK UNJ. Informasi tentang Special Olympics Indonesia dan perkembangan dari Kontingen Indonesia di Special Olympics World Summer Games 2019 bisa dilihat di situs web resmi SOIna, soina.id, laman Facebook Special Olympics Indonesia, akun Twitter @PPSOIna, dan Instagram @soindonesia. 

Lainnya:

Senin, 14 Agustus 2017
SOIna Event: Family Training

Our Partner:

Special Olympics Indonesia

Gedung DNIKS , 3rd floor - Jl. Tanah Abang Timur, No. 15 - Jakarta Pusat 10110
Telp: +62 (21) 3800501 - Fax: +62 (21) 3846556

Webmail Facebook Twitter Hubungi Kami Kebijakan Privasi Syarat Penggunaan

© 2019 Special Olympics Indonesia