Home » Berita Pusat » Detil

Selasa, 14 Maret 2017

SPECIAL OLYMPICS INDONESIA SIAP IKUTSERTA DALAM SPECIAL OLYMPICS WORLD WINTER GAMES 2017 di AUSTRIA.

Jakarta, 14 Maret 2017 - Setiap empat tahun sekali Special Olympics International (SOI) mengadakan kegiatan olahraga tingkat dunia untuk Penyandang Disabilitas Intelektual yang diselenggarakan pada musim dingin, yaitu Special Olympics World Winter Games (SOWWG). Sesuai program kerja SOI, tepatnya pada tanggal 14-25 Maret 2017, akan diselenggarakan SOWWG Austria 2017 yang berlokasi di Austria tepatnya di kota-kota Graz, Scladming, dan Ramsau am Dachstein.

Special Olympics Indonesia (SOIna) sebagai bagian dari organisasi gerakan global untuk Penyandang Disabilitas Intelektual ini, sudah aktif ikutserta dalam kegiatan World Winter Games sejak tahun 2009 di Idaho, Amerika Serikat.

Walaupun Indonesia tidak mengalami musim dingin, tapi tidak menyurutkan semangat atlet untuk mengukir prestasi. Terbukti pada SOWWG pada tahun 2009 di Idaho, Amerika Serikat dari 3 atlet yang ikutserta, berhasil meraih 3 medali emas dan 2 perunggu. Terakhir, keikutsertaan kontingen SOIna di SOWWG pada tahun 2013 di PyeongChang, Korea Selatan dari 4 atlet yang ikutserta, berhasil meraih 1 emas, 3 perak, dan 5 perunggu.

Pada kegiatan Special Olympics World Winter Games  2017 di Austria, SOIna berencana mengirimkan kembali kontingennya pada kompetisi olahraga yang berjumlah 12 orang, terdiri dari 5 atlet, 1 pelatih, 1  asisten pelatih, 1 wakil ketua kontingen, dan 1 ketua kontingen untuk bertanding pada  cabang olahraga floorball. Semoga para atlet terbaik SOIna dapat kembali mengharumkan nama bangsa dan Indonesia di kompetisi olahraga tingkat dunia ini.

Selain berpartisipasi pada kompetisi olahraga, SOIna juga ikut berpartisipasi pada program Non Sport  dalam kegiatan Special Olympics Global Youth Leadership Summit. Pada kegiatan ini, atlet Generation Unified (GENUIN) SOIna yang terdiri dari 1 atlet Unified, 1 Unified teammate, dan 1 mentor Unified terpilih menjadi salah satu dari 50 orang pemuda Penyandang Disabilitas Intelektual dan non Penyandang Disabilitas Intelektual yang diundang untuk berkumpul mengadakan pertemuan dan memaparkan “Unified Smile”, suatu projek aksi inklusi melalui media sosial yang memberikan kesempatan bagi para Penyandang Disabilitas Intelektual bersama Non Penyandang Disabilitas Intelektual untuk meningkatkan keterampilan para Penyandang Disabilitas Intelektual melalui teknologi informasi pada tanggal 16-22 Maret 2017, di kota Graz, Austria.  Kegiatan ini akan berlangsung di dalam dan di luar lapangan olahraga, sedangkan 5 peserta terbaik akan dipilih untuk melanjutkan proyek mereka di negaranya.

Selanjutnya, 1 atlet sebagai International Global Messanger (IGM) dan 1 Mentor diundang pula oleh Special Olympics Internasional (SOI) sebagai tamu kehormatan (honored guest) menghadiri SOWWG Austria 2017. Mereka akan datang ke kota-kota Graz, Schladming dan Ramsau am Dachstein di Austria untuk menyebarkan pesan, visi, dan misi Special Olympics International.

Dalam mempersiapkan dan memberangkatkan kontingen SOIna untuk mengikuti Olimpiade di Austria ini SOIna memerlukan dukungan banyak pihak, baik Pemerintah maupun masyarakat. “Kami berharap bahwa kontingen Indonesia dapat berjaya lagi di kancah internasional dan memperkenalkan bahwa Indonesia bisa. Saya kira urusan juara dan menjadi nomor satu bukan kita yang menentukan, yang pasti Indonesia berlatih dengan baik dan buktikan bahwa Indonesia semakin jaya dan bermartabat,”  ungkap Prof. DR Faisal Abdullah, SH., MS.i.DFM, Ketua Umum PP SOIna.

Special Olympics World Winter Games merupakan kompetisi olahraga international bagi Penyandang Disabilitas Intelektual untuk bisa menunjukkan keberanian dan kemampuan di bidang olahraga serta memberikan kesempatan kepada mereka untuk dapat diterima di masyarakat dan menghilangkan paradigma negatif tentang mereka di mata dunia. Sekitar 2.700 atlet, 1.100 pelatih, 3.000 relawan, 5.000 anggota keluarga, 1.000 media representatives, 800 peserta kongres, dan 1.200 tamu kehormatan diperkirakan akan menghadiri perhelatan tersebut. 

 

Lainnya:

Senin, 14 Agustus 2017
SOIna Event: Family Training

Our Partner:

Special Olympics Indonesia

Gedung DNIKS , 3rd floor - Jl. Tanah Abang Timur, No. 15 - Jakarta Pusat 10110
Telp: +62 (21) 3800501 - Fax: +62 (21) 3846556

Webmail Facebook Twitter Hubungi Kami Kebijakan Privasi Syarat Penggunaan

© 2019 Special Olympics Indonesia