Home » Berita Pusat » Detil

Jumat, 21 Februari 2020

Pemerintah Dukung Persiapan Panjang Special Olympics World Games 2023

Jakarta, 21 Februari 2020 – Pemerintah akan mendukung rencana Pengurus Pusat Special Olympics Indonesia (SOIna) untuk lebih awal menyiapkan diri menuju Special Olympics World Games 2023 di Berlin, Jerman agar bisa meraih prestasi lebih baik. Dengan persiapan bertahap itu, Kemenpora akan bisa lebih fokus membantu mengingat banyaknya agenda olahraga dalam kurun waktu mendatang.

Saat ini beberapa rencana perlombaan olahraga menuntut Indonesia berperan lebih besar. Setelah suksesnya penyelenggaraan Asian Games di Jakarta dan Palembang 2018 lalu, beberapa perlombaan olahraga dunia akan berlangsung di Indonesia. Selain itu pada 2023 mendatang dunia Olahraga Indonesia juga akan sibuk menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Bola Basket FIBA. Oleh karena itu, agenda olahraga SOIna juga tak boleh terlupakan.

Pokok pikiran itu merupakan hasil dialog antara pihak Kemenpora yang diwakili Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Gatot S Dewobroto dengan rombongan pengurus SOIna yang dipimpin Warsito Ellwein, di Kantor Kemenpora, Kamis malam (20/2).

"Saya sebenarnya berencana hadir namun batal, jadi hanya menyambut bersama Ibu Puan (Menko PMK Puan Maharani -red)," ujar Gatot berkomentar soal keikutsertaan Indonesia dalam Special Olympics World Games Maret 2019 lalu di Abu Dhabi.

Dalam kesempatan yang sama, Gatot juga menyampaikan keinginannya untuk membantu agar SOIna sebagai wadah olahraga bagi Penyandang Disabilitas Intelektual lebih dikenal dan mendapatkan apresiasi yang lebih besar di masyarakat dan pemerintah.

Hal itu nampak sejalan dengan keinginan Pemerintah Presiden Joko Widodo untuk menyelenggarakan berbagai even olahraga internasional. Hal itu amat berguna untuk mengangkat martabat bangsa di dunia internasional.

Sedangkan Warsito Ellwein dalam kesempatan itu menyampaikan harapannya agar mendapat dukungan bagi rencana penyelenggaraan Special Olympics Asia Pacific Regional Games Games di Jakarta pada 2022 mendatang. Hal itu, lanjutnya, adalah salah satu upaya untuk membuka ruang yang lebih besar bagi para Penyandang Disabilitas Intelektual agar bisa mengembangkan diri dan memiliki skill. Semua demi kesamaan hak yang antara lain dimulai dari olahraga (*)

Lainnya:

Our Partner:

Special Olympics Indonesia

Gedung DNIKS , 3rd floor - Jl. Tanah Abang Timur, No. 15 - Jakarta Pusat 10110
Telp: +62 (21) 3800501 - Fax: +62 (21) 3846556

Webmail Facebook Twitter Hubungi Kami Kebijakan Privasi Syarat Penggunaan

© 2020 Special Olympics Indonesia