Home » Berita Pusat » Detil

Selasa, 28 Januari 2020

SOIna Promosikan Inklusi Sosial Lewat Bola Basket

Jakarta, 28 Januari 2020 – Dalam rangka mempromosikan inklusi sosial, Special Olympics Indonesia (SOIna) bekerja sama dengan Leo Club Distrik 307 B1 Indonesia menyelenggarakan Unified Sports Basketball LEOLYMPICS 2.0.  Kegiatan yang berlangsung mulai 1 Februari 2020 ini bertujuan untuk mengembangkan Unified Sports di mana para Penyandang Disabilitas Intelektual (atlet) dan non disabilitas intelektual (partner) berlatih dan bersaing sebagai rekan satu tim serta merekrut baik atlet maupun partner baru melalui cabang olahraga bola basket.

Teman Penyandang Disabilitas Intelektual menemui berbagai hambatan dalam mengembangkan diri menjadi lebih mandiri dalam kehidupan sosialnya. Salah satu cara adalah dengan melakukan kegiatan bersama dengan masyarakat non disabilitas intelektual sehingga tercipta suasana yang membuat Penyandang Disabilitas Intelektual senang dan menumbuhkan kepercayaan diri bagi perkembangannya.

Kegiatan yang berlangsung selama sebulan ini dibagi dala m dua sesi yaitu pelatihan dan on-the-field-training selama 4 minggu (terhitung 1, 8, 15, dan 22 Februari 2020) kemudian diakhiri dengan kompetisi rekreasional  yang berlangsung tanggal 7 Maret 2020 di Lapangan Basket Bina Bangsa School (BBS).

“Untuk mempromosikan inklusi sosial seperti itu, Special Olympics mengembangkan Unified Sports di mana para Penyandang Disabilitas Intelektual (atlet) dan non disabilitas intelektual (partner) berlatih dan bersaing sebagai rekan satu tim,” ujar Daniel Seminariyanto, Manajer Sport Special SOIna, kepadawartawan, Selasa, 28 Januari 2020 di Jakarta.

Kegiatan ini merupakan kelanjutan kerja sama antara SOIna dengan Leo Club Distrik 307 B1 Indonesia setelah sebelumnya juga menyelenggarakan program yang sama di bidang olahraga bola basket.  Leo Club adalah organisasi kaum muda yang berada di bawah naungan Lions Club. Selain itu SOIna juga kembali menggandeng Bina Bangsa School untuk menjadi partner unified.

 

Stephanie Angela, Distrik President dari Leo Club Distrik 307 B1 Indonesia F.Y 2019-2020 sekaligus partner unified mengungkapkan sangat antusias dengan diadakannya kerja sama ini. Ia juga menambahkan bahwa kegiatan ini dibuat untuk mengubah stigma negatif masyarakat terhadap teman Penyandang Disabilitas Intelektual.

“Saya pribadi sangat menyukai adanya event ini, karena event ini sangat meaningful dan kreatif. Leo dari distik B1 sendiri pun belum pernah membentuk sports competition seperti ini. Dari event  ini kami bisa bermain, berteman maupun belajar banyak hal dari teman Penyandang Disabilitas Intelektual. Selain itu, saya dengan para fellow Leos ingin membantu mengubah stigma negatif masyarakat terhadap mereka (teman Penyandang Disabilitas Intelektual). Saya berharap event Leolympics ini tidak hanya berlangsung di Distik 307 B1 Indonesia saja, melainkan di Tingkat Multi Distrik (MD) 307 Indonesia,” ujar Stephanie.

 

Unified Sports merupakan salah satu program Special Olympics dimana program ini membantu atlet meningkatkan kebugaran fisik, mempertajam keterampilan, menantang dan bersaing serta bergembira dalam berbagai olahraga dengan non-disabilitas intelektual. Kegiatan ini terinspirasi oleh prinsip sederhana yakni berlatih bersama dan bermain bersama adalah jalan cepat menuju persahabatan dan pemahaman. Tim yang dibentuk terdiri dari orang-orang dengan usia dan kemampuan yang sama. Hal ini membuat latihan lebih menyenangkan dan permainan lebih menantang dan menarik untuk semua. (***)

 

Lainnya:

Our Partner:

Special Olympics Indonesia

Gedung DNIKS , 3rd floor - Jl. Tanah Abang Timur, No. 15 - Jakarta Pusat 10110
Telp: +62 (21) 3800501 - Fax: +62 (21) 3846556

Webmail Facebook Twitter Hubungi Kami Kebijakan Privasi Syarat Penggunaan

© 2020 Special Olympics Indonesia